Wednesday, 22 March 2017

pentingnya penggolongan dan pengelompokan manusia secara benar dan sportif, rek

Bismillaah

Asy-Syaikh Dr. Muhammad Ghalib hafizhahullah berkata:

‏١- كيف يكون التصنيف مذموما مطلقا؛ والله قسم الناس إلى مؤمنين ومنافقين وكفار، وهذا تصنيف!
فالتصنيف بحق وعدل أمر لا ينكره عاقل ولا يرده منصف.

‏٢- حتى منكري التصنيف يصنفون "المصنفين" في نظرهم، فالحق أن هناك تصنيف صادق، ومن هذا المنطلق صنفت الدول المخالفين إلى: خوارج وإخوان وتكفيريين!

‏٣- الرد على أهل الباطل كالتكفيريين والخوارج والقاعدة والدواعش وغيرها من الفرق الضالة؛ أمر لا بد منه، وهو تصنيف مهم لحماية المسلمين وتحذيرهم.

1- Bagaimana bisa penggolongan manusia dianggap tercela secara mutlak, sementara Allah menggolongkan manusia menjadi orang-orang mu'min, munafiq, dan kafir, dan yang semacam ini merupakan penggolongan. Jadi penggolongan yang dilakukan dengan benar dan adil adalah perkara yang tidak akan diingkari oleh orang yang berakal, dan tidak akan ditolak oleh orang yang adil dan sportif.

2- Bahkan orang-orang yang mengingkari penggolongan mereka sendiri menggolongkan "orang-orang yang suka menggolongkan" dalam pandangan mereka. Jadi yang benar adalah bahwa di sana terdapat penggolongan yang jujur. Dan dari perspektif atau cara menilai semacam inilah negara-negara menggolongkan orang-orang yang suka menentang pemerintah menjadi kelompok Khawarij, al-Ikhwanul Muslimun, dan Takfiriyyun (yang suka mengkafirkan kaum muslimin yang di luar kelompok mereka).

3- Membantah orang-orang yang mengekor kebathilan seperti Takfiriyyun, Khawarij, al-Qaeda, ISIS, dan kelompok-kelompok sesat yang lainnya, merupakan perkara yang harus dilakukan, dan ini termasuk bentuk penggolongan yang sangat penting untuk melindungi kaum muslimin dan memperingatkan mereka dari bahaya kelompok-kelompok tersebut.

Baarakallahufiikum

No comments:

Post a Comment