Tuesday, 31 January 2017

rokok haram dalam islam, rek

Bismillaah

Asy-Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah berkata:

«والدخان لا يجوز شربه ولا بيعه ولا التجارة فيه لما في ذلك من المضار العظيمة والعواقب الوخيمة»

"Rokok tidak boleh dihirup, tidak boleh diperjualbelikan, dan tidak boleh diperdagangkan, karena mengandung bahaya besar dan akibat buruk."

Majmu'ul Fatawa, jilid 6 halaman 456

Baarakallahufiikum

Monday, 30 January 2017

banyak orang yang hatinya tidak tersentuh ketika membaca al-qur'an, rek

Bismillaah

Al-Imam Ibnu Rajab al-Hanbaly rahimahullah berkata:

كم تتلى علينا آيات القرآن وقلوبنا كالحجارة أو أشد قسوة!"

"Betapa sering ayat-ayat al-Qur'an dibacakan kepada kita, namun hati kita seperti batu atau bahkan lebih keras lagi."

Lathaiful Ma’arif, halaman 174

Baarakallahufiikum

Sunday, 29 January 2017

sikap seorang muslim terhadap pemerintah, rek

Bismillaah

Abdullah bin Mas'ud radhiyallahu anhu berkata:

إذا كان الإمام عادلاً فله الأجر وعليك الشكر، وإذا كان جائراً فعليه الوزر وعليك الصبر.

"Jika seorang pemimpin bersikap adil maka dia mendapatkan pahala dan engkau wajib bersyukur, namun jika dia tidak adil maka dia yang menanggung dosa sedangkan engkau wajib untuk bersabar."

’Uyunul Akhbar, jilid 1 halaman 49

Baarakallahufiikum

Saturday, 28 January 2017

bolehkah menjual barang orang lain tanpa seizinnya, rek

Bismillaah

Rasulullah shallallahu alaihi was sallam bersabda:

ﻟَﺎ ﺗَﺒِﻊْ ﻣَﺎ ﻟَﻴْﺲَ ﻋِﻨْﺪَﻙَ.

"Jangan memperjualbelikan sesuatu yang tidak ada padamu."

(HR. At-Tirmidzy dan yang lainnya, al-Albany menilainya shahih dalam Irwaul Ghalil no. 1292 -pent)

Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah berkata:

معناه أن الإنسان يبيع سلعة، ثم يذهب إلى من هي عنده فيشتريها ويعطيها الذي اشتراها. وهذا لا يجوز، لأنك حين بيها غير قادر عليها إذ إنها في ملك غيرك، فكيف تبيع ما لا تملك؟ ولهذا نهى النبي صلى عليه وسلم عن بيع ما ليس عند الإنسان.

"Maknanya adalah seseorang menjual sebuah barang, lalu dia pergi ke orang yang memiliki barang tersebut kemudian membelinya dan memberikannya kepada orang yang membelinya. Dan yang semacam ini tidak boleh, karena sesungguhnya ketika menjualnya engkau tidak menguasainya karena barang tersebut dimiliki orang lain, maka bagaimana engkau menjual sesuatu yang tidak engkau miliki. Oleh karena inilah Nabi shallallahu alaihi was sallam melarang menjual sesuatu yang tidak ada pada seseorang."

Majmu’ul Fatawa, jilid 28 halaman 125

Baarakallahufiikum

Friday, 27 January 2017

waspadai lisan kita, rek

Bismillaah

Al-Imam Ibnul Qayyim rahimahullah berkata:

Gerakan anggota tubuh yang paling ringan adalah gerakan lisan, namun itu adalah yang paling membahayakan seorang hamba.

Al-Jawabul Kaafi/281

Baarakallahufiikum

Thursday, 26 January 2017

jangan suka ikut-ikutan orang lain tanpa ilmu, rek

Bismillaah

Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah berkata:

ﻻ تغتر بعمل الناس، ﻷن عمل الناس قد يكون عن جهل، فالعبرة بما دل عليه الشرع، ﻻ بعمل الناس.

"Jangan tertipu dengan apa yang dilakukan oleh manusia, karena sesungguhnya apa yang dilakukan oleh manusia bisa jadi tidak berdasarkan ilmu, jadi yang menjadi ukuran adalah apa yang ditunjukkan oleh syari'at, bukan apa yang dilakukan oleh manusia."

Al-Qaulul Mufid, jilid 1 halaman 204

Baarakallahufiikum

Wednesday, 25 January 2017

dakwah ahlus sunnah menyingkap kebobrokan dakwah-dakwah lainnya, rek

Bismillaah

Asy-Syaikh Muqbil bin Hady rahimahullah berkata:

وأنا متأكد لو قام أهل السنة بالدعوة إلى الله، لذابت كل هذه الحزبيات، لأنها مبنية على التلبيس وعلى الخداع.

"Saya yakin seandainya Ahlus Sunnah bangkit mendakwahkan agama Allah, niscaya semua hizbiyyah (fanatisme kelompok atau golongan) akan meleleh lenyap, karena hizbiyyah dibangun di atas talbis (tindakan mencampur adukkan kebenaran dan kebathilan) serta penipuan."

Qam’ul Mu’anid, halaman 392

Baarakallahufiikum

Tuesday, 24 January 2017

postingan keseribu, rek

Bismillaah

Gak nyangka yah setelah membuka blog ini di takengon, sekarang udah postingan keseribu ajah. Masih inget dulu bikin blog ini awalnya yaa nyeritain kehidupan sehari-hari di takengon aja gitu. Tapi, lama" kok mikir rasanya kehidupan saya gak cocok dikonsumsi oleh publik. Lhaa wong kayaknya gak ada menarik"nya blas. Hehehe. Tapi setiap malem kalo sayah ceritain ke istri ya tetep ada ketawa-ketiwinya lah

You know,
married life.
Muehehehe

intinya, setelah mikir agak lama kalo blog ini rasanya kurang bermanfaat buat khalayak ramai; akhirnya memutuskan untuk menulis faedah" salafiyyin aja deh. Setidaknya sudah keliatan berguna untuk dibaca, dikonsumsi, dan diamalkan tentunya

Yaa setidaknya kalo sayah sudah meninggal, trus ada orang" iseng" googling nama saya, (kan di page 1 google munculnya blog ini tuh), dibaca" trus dapet hidayah. Ya Allah, rasanya itu karunia yang luar biasa banget bagi saya yang udah meninggal

...karena salah satu amalan yang terus mengalir ke pemiliknya adalah ilmu agama yang bermanfaat...

Baarakallahufiikum

Monday, 23 January 2017

makna hati yang selamat, rek

Bismillaah

Allah Ta'ala berfirman:

ﺇِﻟَّﺎ ﻣَﻦْ ﺃَﺗَﻰ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﺑِﻘَﻠْﺐٍ ﺳَﻠِﻴﻢٍ.

"Kecuali siapa yang datang kepada Allah dengan hati yang selamat." (QS. Asy-Syuara': 89)

Ketika menjelaskan ayat ini, Abu Utsman an-Naisabury rahimahullah berkata:

هو القلب الخالي من البدعة، المطمئن على السنة.

"Yaitu hati yang bersih dari bid'ah, dan tenang di atas as-Sunnah."

Tafsir Ibnu Katsir, jilid 4 halaman 630

Baarakallahufiikum

Sunday, 22 January 2017

senjata orang yang dengki, rek

Bismillaah

Al-Qadhy Abu Bakr Ibnul 'Araby rahimahullah berkata:

والناس إذا لم يجدوا عيباً لأحد وغلبهم الحسد عليه وعداوتهم له، أحدثوا له عُيوباً.

"Manusia jika tidak menjumpai aib pada seseorang ketika kedengkian dan permusuhan terhadapnya menguasai mereka, maka mereka akan mengada-ngadakan aib yang mereka tuduhkan secara dusta terhadapnya."

Al-'Awashim minal Qawashim, jilid 1 halaman 244

Baarakallahufiikum

Saturday, 21 January 2017

allah pasti menolong kaum muslimin jika mereka istiqamah, rek

Bismillaah

Asy-Syaikh Muqbil bin Hady rahimahullah berkata:

ولو أننا استقمنا معشر المسلمين لكفانا الله شر عدونا، ولجعل بأسهم بينهم، فهو سبحانه الذي ينتقم ﻷوليائه.

"Seandainya kita segenap kaum muslimin istiqamah, niscaya Allah akan mencukupi kita dari kejahatan musuh kita, dan menjadikan mereka sendiri saling memusuhi, karena Allah Subhanahu wa Ta'ala yang akan menghukum orang-orang kafir untuk membela para wali-Nya."

As-Suyuful Batirah, halaman 6

Baarakallahufiikum

Friday, 20 January 2017

jangan sampai menyesal selamanya hanya gara-gara duri di jalan kebenaran, rek

Bismillaah

Asy-Syaikh Dr. Ahmad bin Mubarak bin Qadzlan al-Mazru'iy hafizhahullah berkata:

‏إذا صعب عليك إزالة الشوك من الطريق لكبره أو لكثرته فلا تتوقف! فالوصول مع شيء من الألم خير من الوقوف مع طول الندم.

"Jika berat bagimu untuk menyingkirkan duri dari jalan karena besarnya atau karena banyaknya, maka janganlah berhenti berjalan karena sampai di tujuan walaupun disertai sedikit kepedihan, itu lebih baik dibandingkan berhenti disertai penyesalan berkepanjangan."

Baarakallahufiikum

Thursday, 19 January 2017

rintangan-rintangan di jalan kebenaran, rek

Bismillaah

Asy-Syaikh Dr. Ahmad bin Mubarak bin Qadzlan al-Mazru'iy hafizhahullah berkata:

‏احذر من آفات الطريق: زخرفة الدنيا، النفس الأمارة، وسوسة الشيطان، رفقاء السوء، علماء الضلالة.

"Waspadailah rintangan-rintangan di jalan; perhiasan dunia, jiwa yang selalu menyuruh keburukan, was-was syaithan, teman-teman yang buruk, dan para ulama yang sesat."

Baarakallahufiikum

Wednesday, 18 January 2017

siapapun yang tidak jujur pasti akan terhina dan hancur, rek

Bismillaah

Asy-Syaikh Hamid Khamis al-Junaiby hafizhahullah berkata:

‏أهل الإيمان مِيزتهم الصدق، وأهل الفجور مِيزتهم الكذب،
ومن تأمل التاريخ وجد أن الكاذب مدحور لا محالة، مهما تظاهر بلباس أهل الحق وحاول مجاراتهم.

"Orang-orang yang beriman karakteristik mereka adalah kejujuran, sedangkan orang-orang jahat karakteristik mereka adalah kedustaan. Dan siapa saja yang memperhatikan sejarah, niscaya dia akan mendapati bahwa pendusta pasti terbuang dengan hina, betapapun dia pura-pura mengenakan pakaian orang-orang yang mengikuti kebenaran serta berusaha untuk sejalan dengan mereka."

Baarakallahufiikum

Tuesday, 17 January 2017

pentingnya tawakkal dalam menempuh jalan kebenaran, rek

Bismillaah

Asy-Syaikh Dr. Ahmad bin Mubarak bin Qadzlan al-Mazru'iy hafizhahullah berkata:

‏اعلم أنك إذا أردت السير في الطريق دون توكل على الله ودعائه والاستعانة به، فلن توفق في أوله، أو ستخذل في وسطه، أو تنحرف عند نهايته.

"Ketahuilah; sesungguhnya jika engkau ingin menempuh jalan tanpa tawakkal kepada Allah, doa, dan memohon pertolongan kepada-Nya, maka engkau tidak akan mendapat taufiq di awal perjalanan, atau ditelantarkan di tengah perjalanan, atau menyimpang di akhir perjalanan."

Baarakallahufiikum

Monday, 16 January 2017

bolehkah menggunakan kartu kredit, rek

Bismillaah

Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah

Pertanyaan: Sebagian bank ada yang menerbitkan kartu-kartu seperti kartu visa, sebagai ganti bagi seseorang yang bertransaksi dengan tempat-tempat usaha (barang atau jasa) menggunakan uang cash cukup dengan menunjukkan kartu ini dan dia bisa mengambil barang yang dia inginkan, kemudian dia membayar jumlah yang harus dia bayar dari bank yang bekerja sama dengan nasabah, hanya saja disyaratkan pada perjanjian antara nasabah dan pihak bank di awal bahwa jika pelunasan pinjaman tersebut terlambat dari waktu yang telah ditetapkan, ada biaya-biaya yang harus dibayar.

Jawaban: Masalahnya adalah seseorang mengambil sebuah kartu dari bank, dan jika dia membeli berbagai kebutuhannya maka dia cukup menunjukkan kartu tersebut kepada penjual, dan pihak bank yang akan membayarkannya terlebih dahulu, namun jika dia melunasi ke pihak bank pada waktu yang ditentukan maka dia tidak membayar selain yang dia pinjam tadi, sedangkan jika terlambat maka harus membayar biaya tambahan (denda).

Saya katakan: Sesungguhnya yang seperti ini haram hukumnya, karena semata-mata komitmen seseorang untuk menerima transaksi dengan riba hukumnya haram, sama saja apakah terjadi riba atau tidak.

Jika seseorang ada yang mengatakan, "Saya bertekad kuat dari dalam hati saya bahwa saya akan membayar sebelum jatuh tempo."

Maka kita katakan: Ya, engkau memang bertekad untuk membayarnya sebelum jatuh tempo, namun apakah engkau bisa memastikan? Bisa saja hartamu hilang, atau dicuri, atau engkau meninggal terlebih dahulu. Jadi engkau tidak bisa memastikannya.

Allah Ta'ala berfirman:

ﻭَﻟَﺎ ﺗَﻘُﻮﻟَﻦَّ ﻟِﺸَﻲْﺀٍ ﺇِﻧِّﻲ ﻓَﺎﻋِﻞٌ ﺫَﻟِﻚَ ﻏَﺪﺍً. ﺇِﻟَّﺎ ﺃَﻥ ﻳَﺸَﺎﺀَ ﺍﻟﻠَّﻪُ.

"Dan janganlah sekali-kali engkau mengatakan, "Aku pasti akan melakukan hal itu besok." Kecuali dengan mengatakan "Insya Allah." (QS. Al-Kahfi: 23-24)

Kemudian, sesungguhnya semata-mata komitmenmu bahwa jika telah jatuh tempo sebelum engkau membayar pinjaman bank maka engkau siap menerima untuk ditambahkan kepadamu biaya lainnya, maka sesungguhnya komitmen semacam ini adalah komitmen untuk melakukan transaksi riba, dan sudah jelas bahwa komitmen untuk melakukan transaksi riba hukumnya haram.

Oleh karena itulah maka kami menilai bahwa kartu semacam ini hukumnya haram, dan tidak boleh bagi seseorang untuk bertransaksi menggunakannya.

Tetapi jika seseorang memiliki saldo rekening di bank dan pihak penjual mau menukar ke bank maka silahkan, perkaranya mudah hanya dengan seseorang membawa cek kosong, lalu dia menuliskan jumlahnya untuk pihak penjual.

Majmu’ul Fatawa, jilid 29 halaman 127-128

Baarakallahufiikum

Sunday, 15 January 2017

kerusakan terbesar di dunia, rek

Bismillaah

Al-Imam asy-Syathiby rahimahullah berkata:

لا مفسدة في الدنيا توازي مفسدة إماتة السنّة.

"Tidak ada kerusakan di dunia ini yang semisal dengan kerusakan akibat mematikan as-Sunnah."

Al-I'tisham, halaman 465

Baaarakallahufiikum

Saturday, 14 January 2017

antara diam dan berbicara, rek

Bismillaah

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata:

‏فالتكلمُ بالخيرِ خيرٌ من السكوت عنه، والسكوتُ عن الشرِ خيرٌ من التكلم به.

"Berbicara yang baik lebih baik dibandingkan diam darinya, dan diam dari keburukan lebih baik dibandingkan berbicara dengannya."

Majmu'ul Fatawa, jilid 22 halaman 310

Baarakallahufiikum

Friday, 13 January 2017

prinsip pencari kebenaran, rek

Bismillaah

Asy-Syaikh Rabi' bin Hady al-Madkhaly hafizhahullah berkata:

‏مبدأ ﺍلمسلم ﺍﻟﻤﻨﺼﻒ ﺍﻟﻄﺎﻟﺐ ﻟﻠﺤﻖ دائمًا:
[ﻗُﻞْ ﻫَﺎﺗُﻮﺍ ﺑُﺮْﻫَﺎﻧَﻜُﻢْ ﺇِﻥْ ﻛُﻨْﺘُﻢْ ﺻَﺎﺩِﻗِﻴﻦَ]

"Prinsip seorang muslim yang jujur dan sportif yang selalu mencari kebenaran (dalam semua masalah -pent) adalah: "Katakanlah: Tunjukkanlah bukti kalian, jika kalian memang orang-orang yang benar." (QS. al-Baqarah: 111)

Majmu'ur Rasail, jilid 8 halaman 81

Baarakallahufiikum

Thursday, 12 January 2017

semua hal-hal yang menimbulkan kekacauan bukan dari islam, rek

Bismillaah

Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah berkata:

أما الفوضى والهوجاء التي لا تفيد بل لا تزيد الأمور إلا شراً فليست من الإسلام في شيء»

"Adapun kekacauan dan kerusuhan sama sekali tidak memberi manfaat, bahkan tidak menambah kecuali keburukan, maka itu sama sekali bukan dari ajaran Islam."

As'ilah Dr. Abal Khail, tahun 1417 H

Baarakallahufiikum

Wednesday, 11 January 2017

tetaplah memberi nasehat, walaupun engkau sendiri banyak kekurangan, rek

Bismillaah

Al-Imam Ibnu Rajab al-Hanbaly rahimahullah berkata:

لو لم يعظ إلا معصوم من الزلل، لم يعظ الناس بعد رسول الله صلى الله عليه وسلم أحد، لأنه لا عصمة لأحد بعده.

"Seandainya tidak boleh memberi nasehat kecuali seseorang yang terjaga (ma'shum) dari kekurangan, niscaya tidak akan ada seorang pun yang menasehati orang lain selain Rasulullah shallallahu alaihi was sallam, karena tidak ada yang ma'shum selain beliau."

Lathaiful Ma'arif, halaman 19

Baarakallahufiikum

Tuesday, 10 January 2017

tanda seorang hamba ditelantarkan, rek

Bismillaah

Ma'ruf al-Karakhy rahimahullah berkata:

كلام العبد فيما لا يعنيه خذلان من الله له.

"Perkataan seorang hamba dalam hal-hal yang tidak bermanfaat baginya adalah bentuk penelantaran dari Allah terhadap dirinya."

Thabaqat al-Hanabilah, jilid 2 halaman 481

Baarakallahufiikum

Monday, 9 January 2017

islam dan sunnah nabi semakin asing, rek

Bismillaah

Asy-Syaikh Rabi' bin Hady al-Madkhaly hafizhahullah berkata:

تغيرت الحياة وصار الإسلام في غاية الغربة، والسنة في غربة أشد!

"Kehidupan telah berubah, Islam telah menjadi dalam puncak keterasingan, dan Sunnah Nabi lebih terasing lagi."

Adz-Dzari'ah, jilid 1 halaman 355

Baarakallahufiikum

Sunday, 8 January 2017

jangan gunakan lisanmu untuk menyakiti saudaramu, rek

Bismillaah

Asy-Syaikh Shalih al-Fauzan hafizhahullah berkata:

فالمسلم يطهر لسانه من الكلام البذيء والجارح الذي يؤذي إخوانه.

"Seorang muslim yang baik akan membersihkan lisannya dari ucapan kotor dan melukai yang akan menyakiti saudara-saudaranya."

Syarh Kitab al-Kabair, halaman 426

Baarakallahufiikum

Saturday, 7 January 2017

mensyukuri orang yang memberi faedah ilmiah, rek

Bismillaah

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata:

كل من أفاد غيره إفادة دينية هو شيخه فيها.

"Siapa saja yang memberi faedah orang lain tentang masalah agama, maka dia adalah gurunya dalam masalah tersebut."

Majmu'ul Fatawa, jilid 11 halaman 512

Baarakallahufiikum

Friday, 6 January 2017

wajibnya menyebarkan bantahan ilmiah terhadap ahli bid’ah, rek

Bismillaah

Asy-Syaikh Shalih Al-Fauzan hafizhahullah

بسم الله الرحمن الرحيم

Jika bantahan-bantahan ini ilmiah dan berasal dari para ulama yang terpercaya dan padanya terdapat faedah bagi kaum Muslimin, nasehat, dan bimbingan, maka wajib menyebarkannya agar memberi manfaat dan sebagai nasehat bagi kaum Muslimin serta menyingkirkan kebingungan dari para pemuda dan dari orang-orang yang belum mengenal berbagai syubhat dengan baik.

Jadi pada bantahan-bantahan yang berasal dari para ulama yang memiliki bashirah terdapat faedah bagi semua pihak, dan padanya terdapat upaya melenyapkan syubhat dan padanya juga terdapat nasehat bagi kaum Muslimin. Jadi orang yang suka menyebarkannya dia akan mendapatkan pahala di sisi Allah Ta’ala.

Baarakallahufiikum

Thursday, 5 January 2017

hukum memeriksa catatan pribadi atau hp suami, rek

Bismillaah

Asy-Syaikh Musthafa Mabram hafizhahullah

Pertanyaan:
Istri saya memeriksa sebagian catatan pribadi saya ketika saya pergi, maka apakah dengan perbuatan semacam ini dia telah terjatuh pada tindakan memata-matai yang hukumnya haram itu? Dan apakah tindakan memata-matai termasuk dosa besar?

Jawaban:
Tidak boleh baginya untuk melakukan hal tersebut, dan apa yang dia lakukan -tidak diragukan lagi- itu adalah perbuatan yang diharamkan atasnya, bahkan sekalipun ada yang mengatakan bahwa suami adalah pihak yang boleh dicurigai, maka sesungguhnya yang wajib adalah menutupi rahasianya. Sedangkan tindakan memata-matai tidak boleh dilakukan, karena kita dilarang darinya. Nabi shallallahu alaihi was sallam bersabda:

ولا تجسسوا.

"Janganlah kalian melakukan tindakan memata-matai!"

(HR. Al-Bukhary dan Muslim)

Tindakan memata-matai dinilai oleh sekelompok dari para ulama sebagai salah satu dosa-dosa besar, sebagaimana hal itu telah diketahui disebutkan dalam kitab-kitab yang menjelaskan tentang dosa-dosa besar, seperti kitab asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab, Ibnu Hajar al-Haitsamy, dan yang lainnya.

Syarh Nuzhmun Risalah Ila Ahlil Qashim, pelajaran ketiga.

Baarakallahufiikum

Wednesday, 4 January 2017

inilah laki-laki pemberani, rek

Bismillaah

Abul Qasim al-Qusyairy berkata:

"Menahan bicara pada waktu yang tepat merupakan sifat laki-laki pemberani, sebagaimana berbicara sesuai kondisi merupakan perilaku mulia".

Sumber: an-Nawawi Syarah al-Arbain (hadits ke-15)

Baarakallahufiikum

Tuesday, 3 January 2017

tanda-tanda hati yang sakit, rek

Bismilllaah

Al-Imam Abu Bakr Ibnul 'Araby al-Maliky rahimahullah berkata:

لا يكون القلب سليما إذا كان حقودا حسودا معجبا متكبرا.

"Hati tidak akan menjadi hati yang selamat jika memiliki sifat dengki, hasad, ujub, dan takabbur."

Ahkamul Qur'an, jilid 3 halaman 459

Baarakallahufiikum

Monday, 2 January 2017

pentingnya adab yang mulia, rek

Bismillaah

Al-Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyyah rahimahullah berkata:

فما استُجلب خير الدنيا والآخرة بمثل الأدب، ولا استُجلب حرمانها بمثل قلة الأدب.

"Tidaklah banyaknya kebaikan dunia dan akhirat diraih semisal dengan adab, dan tidaklah banyaknya kegagalan meraihnya semisal karena sedikitnya adab."

Madarijus Salikin, jilid 2 halaman 390

Baarakallahufiikum

Sunday, 1 January 2017

keutaamaan pembawa sunnah, rek

Bismillaah

Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhuma berkata : "Demi Allah, aku yakin saat ini, tidak ada seorangpun yang lebih diharapkan kematiannya diatas muka bumi ini oleh syaithan melebihi kematianku"

Seseorang menimpali: "Mengapa?"

Ibnu Abbas menerangkan: "Demi Allah, bermacam-macam bid'ah telah bermunculan dari arah timur dan barat. Lalu bid'ah tersebut dibawa oleh seseorang sampai dihadapanku. Disaat bid'ah itu sampai dihadapanku, aku bergegas membungkamnya dengan Sunnah. Maka Sunnah memadamkannya".

al-Lalika'i didalam I'tiqad Ahlus Sunnah (1/55, No. 12). (Bantahan al-Allamah Ubaid al-Jabiry terhadap kaedah bid'ah Ali al-Halaby, halaman 5-6)

Baarakallahufiikum