Tuesday, 7 July 2015

melepas kepergian teman yang baru saja meninggal, rek

Bismillaah

Berikan nasehat ustadzah, karena kami baru saja kehilangan sahabat karena sakit kanker, yang sebelumnya beliau tidak pernah menceritakan sakitnya kepada kami. Bagaimana caranya agar kami ikhlas melepas kepergiannya?

JAWABAN:
Ajal kita manusia sudah ditentukan oleh Allah, bahkan ketika kita masih janin dalam kandungan ibu. Sahabat kalian itu wanita shalihah, insyaallah, karena dia sabar menanggung derita sakitnya tanpa mengeluh kepada kalian meskipun sahabatnya. Rupanya dia, semoga Allah merahmatinya, hanya mengeluh kepada Allah Penciptanya. Rupanya dia tawakkal, ikhlas dengan ujiannya. Semoga Allah mengampuni dosa-dosanya.

Hidupnya menderita sakit hanya saja kalian tidak tahu penderitaannya ketika dia hidup. Sekarang setelah kematiannya, dia istirahat dari derita sakitnya. Sekarang di barzakh sebagai mukminah, wanita shalihah yang sabar, dia menerima balasan kesejukan dari amal sholihnya. Insyaallah dia lebih bahagia setelah kematiannya, lalu apa yang kalian sedihkan? 

Apa kalian tega, dia tetap hidup dekat kalian yang tertawa bahagia, sementara dia menangis dalam hati disembunyikan penderitaannya dari kalian?! Mestinya kalian sebagai wanita mukminah bahagia mengantar dia pulang ke Rahmatullah, dengan diiringi doa, merasa yakin bahwa dia akan disambut rohnya dengan ridha Allah .

oleh Ustadzah Ummu Abdillah Zainab

Baarakallahufiikum

No comments:

Post a Comment