Friday, 19 June 2015

kesalahan yang dilakukan istri, part 5, rek

Bismillaah

Membebani Suami dengan banyak tuntutan.
Sebagian istri ada yang membebani suaminya dengan banyak tuntutan tanpa melihat kondisi keuangan suami. Seorang istri seharusnya merasa cukup dengan apa yang ada dan melihat kebawah dalam urusan dunia.

Rasulullah shallallahu a’laihi wasallam bersabda:
انْظُرُوا إِلَى مَنْ أَسْفَلَ مِنْكُمْ وَلَا تَنْظُرُوا إِلَى مَنْ هُوَ فَوْقَكُمْ فَهُوَ أَجْدَرُ أَنْ لَا تَزْدَرُوا نِعْمَةَ اللَّهِ

“Lihatlah kepada orang yang berada dibawah darimu (dalam urusan dunia), dan janganlah  kalian melihat kepada orang yang berada diatasmu yang demikian itu akan lebih bisa bersyukur dan tidak meremehkan kenikmatan Allah” (HR. Bukhari dan Muslim)

Berkata Ibnu Jarir:
هذا حديث جامع لأنواع من الخير لأن الانسان اذا رأى من فضل عليه فى الدنيا طلبت نفسه مثل ذلك واستصغر ما عنده من نعمة الله تعالى وحرص على الازدياد ليلحق بذلك أو يقاربه هذا هو الموجود فى غالب الناس وأما اذا نظر فى أمور الدنيا إلى من هو دونه فيها ظهرت له نعمة الله تعالى عليه فشكرها وتواضع وفعل فيه الخير

“Hadits ini mengumpulkan macam" kebaikan; dikarenakan seseorang apabila melihat orang yang berada diatasnya dalam masalah dunia, jiwanya menuntut seperti itu, dan merasa kecil dengan nikmat Allah yang ada disisinya, dan bersemangat untuk menambah untuk seperti itu atau mendekatinya. Hal ini ada pada keumuman manusia. Adapun apabila dia melihat orang yang dibawahnya pada perkara dunia tampaklah baginya nikmat Allah Ta’aala atasnya, maka ia mensyukurinya, tawadhu dan melakukan kebaikkan.”
(Syarh Shahih Muslim, Imam an-Nawawi:6/97).

Baarakallahufiikum

No comments:

Post a Comment