Saturday, 24 January 2015

hukum shalat dengan kain bernajis, rek

Bismillaah

Fadhilatus Syaikh Ibnu ‘Utsaimin rohimahulloh.
Pertanyaan:
Koresponden AAM dari Riyadh mengatakan: kepada yang berkepentingan di program “Nuur ‘alad Darb”: Apabila seseorang sholat dalam di kainnya ada bagian yang najis apakah diulang sholatnya sekalipun lebih besar dari uang logam? Dan apakah dia boleh menunaikan sholatnya di waktu terlarang? Berikanlah faedah kepadaku semoga Alloh membalas Anda dengan kebaikan, dan Anda pun telah memberikan fatwa bagi kaum muslimin juga demikian.

Jawaban:
Apabila dia lupa mencucinya atau tidak tahu adanya najis kecuali setelah dia sholat maka tidak mengapa baginya, dan sholatnya shahih berdasarkan firman Alloh Ta’ala:
(رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ ) [سورة البقرة : 286]
“Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah.”
[QS. Al-Baqarah: 286]

Dan berdasarkan firman-Nya:
(وَلَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ فِيمَا أَخْطَأْتُمْ بِهِ وَلَٰكِنْ مَا تَعَمَّدَتْ قُلُوبُكُمْ) [سورة اﻷحزاب : 5]
”Dan tidak ada dosa atasmu terhadap apa yang kamu khilaf padanya, tetapi (yang ada dosanya) apa yang disengaja oleh hatimu”
[QS. Al-Ahzaab: 5]

Maka apabila seseorang sholat sedangkan di kainnya ada najis atau di tubuhnya ada najis dan dia tidak mengetahuinya kecuali setelah sholat atau dia mengetahuinya kemudian dia lupa untuk mencucinya sebelum sholat maka sholatnya shahih dan tidak mengapa baginya.

Adapun jika dia mengetahuinya dan tidak lupa, akan tetapi dia remehkan hal itu kemudian sholat maka sesungguhnya sholatnya menurut pendapat yang kuat adalah batil dan wajib baginya untuk mencuci najisnya dan mengulang sholatnya dari baru lagi dan mengqodhonya; yakni di waktu kapan pun sekalipun di waktu terlarang; karena waktu terlarang bukanlah bersifat umum bagi setiap sholat, namun hal itu hanyalah bagi sholat" yang tidak memiliki sebab.
Silsilah fatawa nuur ‘alad darb, kaset no. 21
Alih Bahasa: Muhammad Sholehuddin Abu Abduh.

Baarakallahufiikum

No comments:

Post a Comment