Thursday, 21 November 2013

mariyah maulah hujair terpesona dengan kemuliaan khubaib radhiyallahu anhu, part 1, rek

Bismillaah

Pribadi para sahabat Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam memang sangat mengesankan. Keimanan kepada Allah subhanahu wata’ala melandasi segalanya. Bahkan di saat" yang begitu mudah untuk melampiaskan dendam, ternyata itu pun tak dilakukannya. Seorang wanita yang saat itu masih belum memeluk Islam (musyrikah) menyaksikan kemuliaan pribadi seorang muslim shahabat Nabi yaitu Khubaib bin ‘Adi, yang ditawan di rumahnya. Dia tuturkan ketika dia telah menjadi seorang muslimah. Wanita itu bernama Mariyah (ada yang mengatakan namanya Mawiyah). Berikut ini kisahnya…

Tahun keempat hijriyah. Nabi shalallahu ‘alaihi wassalam mengirimkan pasukan mata" untuk mencari berita tentang orang" musyrikin Quraisy. Mereka adalah para penghafal Al-Qur’an. Ternyata kabar tentang pasukan ini tercium oleh Bani Lihyan.

Bani Lihyan segera mengejar hingga berhasil mengepung para sahabat di tempat yang tinggi. Bani Lihyan mengatakan akan menjamin tidak akan membunuh mereka jika mereka mau turun. Namun pasukan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam ini menolak. Kedua kubu pun bertempur hingga tinggallah tiga orang sahabat, Khubaib bin ‘Adi, Zaid bin Ad-Datsinah, dan seorang lagi lainnya. Yang terakhir ini pun akhirnya terbunuh.

Bani Lihyan membawa Khubaib dan Zaid ke Makkah lalu menjual mereka berdua. Khubaib dibeli oleh Bani Al-Harits. Mereka membeli Khubaib untuk menuntaskan dendam mereka karena Khubaiblah yang membunuh Al-Harits bin ‘Amir, ayah mereka, dalam perang Badr.

Namun saat itu adalah bulan haram. Dilarang menumpahkan darah di bulan" haram. Karena itu, untuk sementara waktu mereka menawan Khubaib bin ‘Adi dalam ruangan yang terkunci di rumah Mariyah, maulah Hujair bin Abi Ihab At-Tamimi.

Dalam tawanan, Khubaib biasa menunaikan sholat malam (tahajjud) dengan membaca surah" Al-Qur’an. Bila para wanita mendengar bacaannya, mereka menangis dan luluh hatinya...

-bersambung-

Baarakallahufiikum

No comments:

Post a Comment