Saturday, 30 June 2012

quote #17, rek

Kehidupan yang terbaik kami dapatkan dengan sabar. Jika sabar itu ada pada seseorang, pasti ia tergolong orang yang dermawan.
-Umar bin Khatthab radhiyallahu 'anhu-

Friday, 29 June 2012

tanyakan kepada dirimu, rek

Bismillaah

Tanyakanlah kepada hati" kita, apakah yang kita kerjain selama ini termasuk bagian dari kebaikan ataukah bukan?
Apakah dia termasuk dalam bentuk ketaatan kepada Allah Ta'ala dan RasulNya ataukah bukan?
Atau justru perbuatan tersebut akan mendatangkan murka Allah Ta'ala dan RasulNya???

Maka, mari kita tanyakan semua itu pada hati" kita

Kebaikan adalah apa saja yang dapat menenangkan hatimu dan menentramkan jiwamu...
sedang keburukan adalah apa saja yang dapat membuat hatimu ragu dan tidak tenang...

Semoga kita termasuk ke dalam golongan orang" yang fitrahnya masih bersih yah

Baarakallahufiikum

Thursday, 28 June 2012

di saat sendirian, rek

Bismillaah

Jangan pernah menilaiku sebelum engkau mengetahui apa yang aku lakukan di saat sendirian!!

Ah, seandainya kita mau mikirin dosa" yang kita perbuat dalam keadaan tidak dilihat oleh orang, niscaya akan kita dapati hal itu sebagai sesuatu yang besar dan banyak jumlahnya. Akan tetapi, Allah Subhanahu Wa Ta'ala, dengan sifatNya yang mulia, yang selalu menutupi dan memaafkan kesalahan" hamba"Nya, menutupi di dunia dan memberikan kemurahan dan karuniaNya di hari kiamat...

Maka, dengan cara itulah Allah meminta persaksian seorang hamba atas dosa"nya. Ketika itu dia pasti akan mengaku dan tidak bisa mengelak...

Aku galau...

Baarakallahufiikum

Wednesday, 27 June 2012

tiga perkara, rek

Bismillaah
Ketahuilah, sesungguhnya ada tiga perkara yang menyelamatkan dan ada tiga perkara yang membinasakan

Tiga perkara yang menyelamatkan adalah
  1. Takut kepada Allah Azza Wa Jalla di saat sendirian dan bersama orang lain
  2. Sederhana dalam kefakiran dan kecukupan
  3. Kalimat yang haq saat marah dan saat ridha
Sedang tiga perkara yang membinasakan adalah
  1. Sifat bakhil yang ditaati
  2. Hawa nafsu yang diikuti
  3. Takjubnya seseorang kepada diri sendiri
Semoga kita termasuk ke dalam golongan orang yang selalu dilingkupi tiga perkara yang menyelamatkan yah

Baarakallahufiikum

Tuesday, 26 June 2012

nasehat atasan, rek

Bismillaah
Suatu hari kawan saya bilang kepada saya kalau atasannya baru saja menasehatinya dengan kata" yang sungguh indah

Kata atasannya begini nih
Apakah yang engkau cari dalam kehidupanmu di dunia ini?

Mengingatkan akan hakekat kehidupan seorang hamba, anak muda...

Jika yang engkau cari adalah uang, siapakah yang berjual beli dari kalangan tetangga" penghuni kubur kita nantinya?
Jika yang kita cari kendaran mewah, hendak kita tempatkan dimanakah mobil kita jika kubur kita nantinya hanya cukup untuk berbaring kita?
Jika yang kita cari para gadis belia nan jelita, apakah ia bisa membangunkan kita nantinya saat lunglai tertimbun tanah?
Jika yang kita cari rumah tinggal seluas daratan Afrika, seindah dataran Eropa, apakah seluas itu untuk membangun kubur kita nantinya?

Jika di sisimu uang telah kau curahkan untuk beramal kebaikan dengannya
jika di sampingmu mobil mewah yang engkau pacu untuk beribadah kepada Allah
jika di sampingmu ada gadis cantik penyemangat bermunajat kepada Allah
jika di hadapanmu tanah seluas benua yang kau wakafkan di jalan Allah

Alangkah beruntungnya kehidupanmu...
ada satu hal yang bisa saya petik dari perkataan teman saya ini ya

SAYA JUGA MAU PUNYA ATASAN SEPERTI ATASAN BELIAU!!!

Baarakalllahufiikum

Monday, 25 June 2012

nerima excuse apapun, rek

Bismillaah

Hari ini aku belajar, bahwa sebagai seorang teman yang baik kita kudu nerima excuse apapun dari teman" kita. Karena menerima excuse teman adalah tanda kemuliaan...

Bagaimana jika excuse-nya itu dusta?

Well, Ibnul Qoyyim rahimahullah ngejelasin gini
Barangsiapa yang berbuat jelek kepadamu kemudian datang untuk minta udzur atas kejelekannya kepadamu maka sifat tawadhu' mengharuskan engkau menerima udzurnya -baik udzur tersebut benar atau dusta- dan kau serahkan isi hatinya kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala..."
lalu beliau berkata,
Tanda kemuliaan dan tawadhu' adalah ketika engkau melihat cela dalam udzurnya namun tetap engkau terima dan tidak membantahnya, serta berkata: "Mungkin saja masalahnya seperti yang kau sebutkan"
Aduhai! Alangkah indahnya sifat tersebut...
Semoga kita termasuk ke dalam golongan orang" yang tawadhu' yah

Baarakallahufiikum

Sunday, 24 June 2012

quote #16, rek

Kami berjalan kemana As Sunnah berjalan.
-Al Auza'i rahimahullah-

Saturday, 23 June 2012

quote #15, rek

Adalah Adh Dhahak bin Muzahim bila datang waktu sore selalu menangis. Lalu ia ditanya: "Mengapa kamu menangis?" Ia menjawab: "Aku tidak tahu apakah amalku naik (diterima di sisi Allah Subhanahu Wa Ta'ala) pada hari ini."
-Qubaishah bin Qais Al Anbari rahimahullah-

Friday, 22 June 2012

hati manusia part 4, rek

Bismillaah
Menginjak jenis hati yang terakhir menurut Ibnul Qoyyim Al Jauziyyah rahimahullah dari kitab beliau Ighasatul Lahafan.

Jenis hati yang terakhir adalah Qalbun tamaduhu ma datan atau hati yang memiliki dua unsur, yaitu unsur keimanan dan kemunafikan, mana yang menang itulah yang mendominasi atasnya.

Disebut hati yang padanya memiliki dua unsur kepada hati yang keimanannya belum mantap dan lenteranya belum bersinar di mana dia belum bisa memurnikan diri untuk kebenaran yang Allah Ta’ala utus dengannya Rasul-Nya bahkan dalam hati itu hanya ada sebagian unsur keimanan dan ada pula unsur yang menyelisihinya.

Terkadang dia lebih dekat kepada kekufuran daripada keimanan dan terkadang dia lebih dekat kepada keimanan daripada kekufuran dan hukum itu kembali kepada mana yang lebih mendominasi.

Semoga kita termasuk ke dalam golongan mereka yang keimanannya lebih mendominasi hatinya dari kekufurannya. 
Walllahul musta'an

diambil dari sedikit perubahan dari sini

Thursday, 21 June 2012

hati manusia part 3, rek

Bismillaah
Sekarang masuk ke jenis hati manusia yang ketiga menurut Ibnul Qoyyim Al Jauziyyah rahimahullah dari kitab beliau Ighasatul Lahafan

Jenis hati yang ketiga adalah Qalbun mankus atau hati yang terbalik. Itulah hatinya orang munafik. Dia mengetahui kemudian setelah itu mengingkari, sebelumnya dia melihat kebenaran kemudian kembali buta. Naudzubillah!
Maka mengapa kamu (terpecah) menjadi dua golongan dalam (menghadapi) orang" munafik, padahal Allah telah membalikkan mereka kepada kekafiran, disebabkan usaha mereka sendiri? (An Nisaa’: 88)
Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah membalikkan mereka dan mengembalikan mereka kepada kebathilan yang dahulu mereka pernah di dalamnya. Itu semua disebabkan upaya mereka dan amalan mereka yang bathil.

Ini adalah hati yang paling jelek dan paling keji, karena dia meyakini yang bathil itu sebagai kebenaran dan berloyalitas kepada pengikutnya, dan menganggap kebenaran sebagai sesuatu yang bathil kemudian memusuhi orang" yang mengikuti kebenaran.

*bersambung*
Wallahul musta’an.

Wednesday, 20 June 2012

hati manusia part 2, rek

Bismillaah
Masih ngebahas jenis hati manusia dari kitab Ighasatul lahafan karya Ibnul Qoyyim Al Jauziyyah rahimahullah nih

Jenis hati yang kedua adalah Qalbun aghlaf atau hati yang tertutup. Itulah hatinya orang kafir.

Disebut hati yang tertutup sebagai hati yang dimiliki orang kafir, karena hati orang kafir masuk ke dalam tutupan. Maka tidak akan sampai kepadanya cahaya ilmu dan keimanan.
“Dan mereka berkata: “Hati kami tertutup”. Tetapi sebenarnya Allah telah melaknat mereka karena keingkaran mereka; maka sedikit sekali mereka yang beriman.” (Al Baqarah: 88)

“Dan apabila kamu membaca Al Qur’an niscaya Kami adakan antara kamu dan orang" yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat, suatu dinding yang tertutup, dan Kami adakan tutupan di atas hati mereka dan sumbatan di telinga mereka, agar mereka tidak dapat memahaminya. Dan apabila kamu menyebut Tuhanmu saja dalam Al Qur’an, niscaya mereka berpaling ke belakang karena bencinya.” (Al Israa’: 45-46)
*bersambung*
Baarakallahufiikum

Tuesday, 19 June 2012

hati manusia part 1, rek

Bismillaah
Tahukah kalian dengan nama Ibnul Qoyyim Al Jauziyyah rahimahullah. Beliau adalah murid Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah. Di zamannya beliau adalah ulama yang masyhur. Beliau menulis banyak kitab juga.

Salah satunya adalah Ighasatul Lahafan

Beuh ini kitab mantep banget dah. Ibnul Qoyyim sampe dijuluki dokter hati/kalbu karena kitab beliau tersebut benar" membedah hati/kalbu manusia.

Beliau menulis bahwa ada 4 macam hati manusia. Jenis yang pertama adalah Qalbun ajrad atau hati yang murni, padanya ada lentera yang bersinar. Itulah hati seorang Mukmin.

Adapun hati yang murni yaitu hati yang terlepas dan selamat dari selain Allah Azza Wa Jalla dan Rasul-Nya Shallallahu ’Alaihi Wasallam, maka hati itu telah terlepas serta selamat dari apa" selain kebenaran (selamat dari kesesatan dan penyimpangan). Padanya ada lentera yang menerangi, itulah lentera keimanan. Disebut kemurnian menuju keselamatan dari berbagai macam syubhat (kerancuan") kebathilan dan syahwat yang jahat. Juga di dalam hati tersebut terdapat lentera yang bercahaya terang dengan cahaya ilmu dan keimanan...

*bersambung*
Baarakallahufiikum

Monday, 18 June 2012

jenis" orang kafir, rek

Bismillaah
Kemarin" aku liat ILC di tvOne yang lagi ngebahas FPI vs Lady Gaga. Ndilalah, ada perwakilan salah satu ormas yang salah mengartikan jihad. Gemes banget aku jadinya. Dia bilang kalo (semua) orang kafir itu harus di-jihad-i. Alamakkkk!! Bukan gitu maksudnya om!

Islam itu agama yang indah. Apabila ada opsi perdamaian, ya itu yang lebih dipilih. Perang terhadap orang kafir hanya boleh dilakuin kalau ancaman orang kafir yang memerangi Islam itu bener" nyata, orang Islam punya persiapan dan persatuan dan masih banyak lagi dasar" memerangi orang kafir ituh

Asal tau aja yah. jenis orang kafir itu ada 4 dalam Islam.
  1. Kafir Adz-Dzimmi (orang" kafir Ahlul Kitab yang hidup di negeri kaum muslimin dengan aman dan membayar jizyah). Dalilnya: Qur’an Surat At-Taubah ayat 29.
  2. Kafir Al-Mu’ahad (orang" yang memiliki perjanjian dengan kaum muslimin untuk tidak saling memerangi). Seperti orang-orang musyrikin yang terlibat perjanjian Hudaibiyyah dengan Nabi untuk tidak saling memerangi. Kalo sekarang ya, orang Amerika dan negara" lain gitu
  3. Kafir Al-Musta’min (orang" kafir yang masuk ke dalam negeri kaum muslimin dengan jaminan keamanan dari pemerintah muslim atau jaminan keamanan dari satu orang saja dari kaum muslimin). Dalilnya : Qur’an Surat At-Taubah ayat 6.
  4. Kafir Al-Harbi (orang" kafir yang memerangi kaum Muslimin)
Ketiga jenis orang kafir dari nomor 1-3 ini darahnya terjaga, tidak boleh ditumpahkan. Barangsiapa yang membunuh orang kafir jenis ini, maka ia harus :
  • Membayar diyat, jika ahli warisnya bukan orang kafir harbi (yang memerangi kaum muslimin)
  • Membayar kaffarat : memerdekakan budak mukmin atau berpuasa 2 bulan berturut-turut.
Apabila mereka gak melakukan dua hal di atas, maka ancamannya sungguh keras. Mereka tidak akan mencium baunya surga. Padahal, surga itu tercium dari jarak 40 tahun perjalanan...
    Demikian semoga mencerahkan
    Baarakallahufiikum

    Sunday, 17 June 2012

    quote #14, rek

    Seandainya kalian mengetahui diriku (seperti) yang aku ketahui (karena banyaknya dosaku), pasti kalian akan menaburi tanah di atas kepalaku (menjauhi atau menghinakanku).
    -Al Harits bin Suwaid rahimahullah-

    Saturday, 16 June 2012

    quote #13, rek

    Tidak ada sesuatu yang lebih mulia daripada ilmu. Para raja adalah hakim atas para manusia sedangkan para ulama adalah hakim atas raja".
    -Abul Aswad Ad Duali rahimahullah-

    Friday, 15 June 2012

    dosa sendirian, rek

    Syaikh Al Utsaimin rahimahullah (salah satu mufti Arab Saudi) berkata
    "Seandainya kita mau memikirkan dosa" yang kita perbuat dalam keadaan tidak dilihat oleh orang, niscaya akan kita dapati hal itu sebagai sesuatu yang besar (tidak bisa diremehkan) dan banyak jumlahnya.

    Akan tetapi, berkat penutupan yang diberikan oleh Allah Azza Wa Jalla, kemurahan dan karunia-Nya, maka di hari kiamat Allah kembali menutupinya untuk kita. Maka, dengan cara itulah Allah meminta persaksian seorang hamba atas dosa"nya. Ketika itu dia pasti akan mengaku dan tidak bisa mengelak..."
    (Syarah Aqidah Ahluss Sunnah, halaman 298)

    can't agree more lah ini.

    Baarakallahufiikum

    Thursday, 14 June 2012

    dan imam ahmad menangis, rek

    Bismillaah

    Suatu hari Al Imam Ahmad rahimahullah menangis karena mendengarkan suatu bait sya'ir (orang Arab suka bersya'ir. Yang harus diperhatikan adalah sya'ir itu bukan lagu lo ya)

    Ini bunyi sya'irnya
    Jika Rabb-ku berkata kepadaku, "Apakah engkau tidak malu bermaksiat kepadaKU?


    Aku menutupi dosamu dari makhluk-Ku tapi dengan kemaksiatan engkau mendatangi-Ku"


    Maka bagaimana aku akan menjawabnya? Aduhai, celakalah aku dan siapa yang mampu melindungiku?


    Aku terus menghibur jiwaku dengan angan" dari waktu ke waktu


    Dan aku lalai terhadap apa yang akan datang setelah kematian dan apa yang akan datang setelah aku dikafani


    Seolah-olah aku akan hidup selamanya dan kematian tidak akan menghampiriku


    Dan ketika sakaratul maut yang sangat berat datang menghampiriku, siapakah yang mampu melindungiku?


    Aku melihat wajah" manusia, tidakkah ada di antara mereka ini yang akan menebusku?


    Aku akan ditanya tentang apa yang telah aku persiapkan untuk dapat menyelamatkanku (di hari pembalasan)


    Maka bagaimakah aku akan dapat menjawabnya setelah aku melupakan agamaku


    Aduhai sungguh celakalah aku, tidakkah aku mendengar firman Allah yang menyeruku?


    Tidakkah aku mendengar apa yang datang kepadaku (dalam surat) Qaaf dan Yasin itu?


    Tidakkah aku mendengar tentang hari kebangkitan, hari dikumpulkannya (manusia dan hari pembalasan?


    Tidakkah aku mendengar panggilan kematian yang selalu menyeruku, memanggilku?
    Maka wahai Rabb-ku, akulah hambamu yang ingin bertaubat, siapakah yang dapat melindungiku?


    Melainkan Rabb yang Maha Pengampun lagi Maha Luas Karunianya, Dialah yang memberikan hidayah kepadaku


    Aku datang kepada-Mu, maka rahmatilah diriku dan beratkanlah timbangan (kebaikanku)


    Ringankanlah hukumanku, sesungguhnya hanya Engkaulah yang kuharapkan pahalanya untukku...
    (Kitab Manaqib Al Imam Ahmad halaman 205 oleh Al Imam Ibnul Jauzi)
    Baarakallahufiikum

    Wednesday, 13 June 2012

    bentengin rumah dari setan part 2, rek

    Bismillaah
    Masih lanjut dengan cara" bikin rumah serasa surga di dunia nih

    Cara ngebentengin rumah dari setan yang kedua adalah...berdzikir kepada Allah ketika makan dan minum

    Ini penting karena telah shahih dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah bersabda bahwa bila kita masuk rumah dan makan dalam keadaan tidak berdzikir kepada Allah, maka berkatalah setan, "Kalian mendapatkan tempat bermalam sekaligus makan malam."

    Lalai dari dzikrullah akan memberikan kesempatan emas bagi setan karena ia mendapati tempat menginap plus makan malamnya. Namanya juga setan. Pastinya ia ngajakin temen"nya juga dong. Jadilah, gerombolan setan ini bersenang" di rumah kita. Naudzubillah!

    Hanya Allahlah Dzat Pemberi Petunjuk
    Baarakallahufiik

    Tuesday, 12 June 2012

    bentengin rumah dari setan part 1, rek

    Bismillaah
    Semua keluarga Muslim pasti menginginkan Baiti Jannati, rumahku surgaku. Masalahnya kebanyakan dari mereka kurang paham ya bagaimana caranya nyiptain rumah serasa surga di dunia.

    Pada dasarnya, suatu tempat itu kalo gak didiamin sama malaikat, ya didiamin ama setan. Bagaimanakah caranya supaya malaikat mau berkunjung ke rumah kita. Ini cara pertamanya.....ngucapin salam ketika masuk rumah dan banyak berdzikir, baik di rumah ada orang atau tidak

    Pendapat di atas itu dinukil oleh Iman An Nawawi rahimahullah karena keumuman firman Allah di QS An Nuur: 25

    Itu di rumah sendiri ya. Kalo di rumah orang lain, maka ia ucapkan salam dan meminta izin kepada tuan rumah sebelum masuk ke dalamnya. Bila rumah itu kosong? Maka ia ucapkan, "Assalaamu 'alaina wa 'ala ibaadillaahis shalihiin (Semoga keselamatan untuk kami dan untuk para hamba Allah yang shalih) Demikian kata Ibnul 'Arabi rahimahullah

    Semoga Allah berikan berkah dan rahmat ke rumah" kita
    Baarakallahufiik

    Monday, 11 June 2012

    tentang onani part 2, rek

    Bismillaah.
    Masih lanjut bahas tentang onani nih

    Salah satu pertanyaan penting tentang onani adalah apakah pelakunya mendapat dosa seperti orang berzina?

    Sudah dijelaskan di postingan kemarin ya kalau onani itu haram karena keumuman dalil" tentang pelarangan melakukan zina ataupun wasilah (perantara)-nya. Adapun kalau pelaku onani dihukumi seperti pelaku zina (hukum hadd) karena adanya peng-qiyas-an onani dengan zina, itu adalah berlebihan. Zina itu adalah memasukkan kepala dzakar ke dalam farji wanita yang tidak halal baginya. Oleh karena itu, pelakunya hanya sebatas diberi ta'zir (hukuman) yang setimpal sebagai pelajaran dan peringatan baginya agar berhenti dari perbuatan maksiat tersebut.

    Adapun bentuk hukumannya kembali kepada ijtihad hakim, apakah dicambuk (tidak lebih dari sepuluh kali), didenda, di-hajr (diboikot), didamprat dengan celaan atau lainnya. Kesimpulannya, onani tidak bisa disamakan dengan zina

    Baarakallahufiik

    Sunday, 10 June 2012

    quote #12, rek

    Tidak ada seseorang yang mengadakan suatu kebid'ahan melainkan suatu saat dia akan menganggap halal menghunus pedang (menumpahkan darah kaum muslimin, atau memberontak kepada pemerintah).
    -Abu Qilabah rahimahullah

    Saturday, 9 June 2012

    quote #11, rek

    Aku heran terhadap manusia yang menjaga makanannya dalam keadaan takut terhadap penyakit, akan tetapi dia tidak menjaga dari perbuatan dosa dalam keadaan takut ancaman neraka
    -Ibnu Syubrumah rahimahullah-

    Friday, 8 June 2012

    'aisyah bintu thalhah, rek

    Bismillaah
    Terkisahlah salah satu sahabiyah di zaman Rasulullah bernama 'Aisyah bintu Thalhah bin 'Ubaidillah Ummu 'Imran Al Madaniyah rahimahumullah.

    Beliau adalah putri salah satu sahabat mulia yang dijanjikan dengan surga, Thalhah bin 'Ubaidillah radhiyallahu 'anhu. Ibunya adalah putri Abu Bakr Ash Shiddiq radhiyallahu 'anhu, Ummu Kultsum radhiyallahu 'anhuma.

    Dia disunting oleh putra pamannya, Abdullah bin Abdurrahman bin Abu Bakr Ash Shiddiq rahimahullah. Namun, Abdullah mendahului sang istri kembali ke hadapan Penciptanya.

    Sepeninggalnya, ia dipinang oleh sahabat mulia Mush'ab bin Az Zubair rahimahullah yang kala itu menjabat sebagai gubernur Iraq dengan mahar seratus ribu dinar. Namin, Mush'ab pun mendahuluinya menghadap Sang Pencipta...

    'Aisyah kemudian menikah dengan 'Umar bin 'Ubaidillah bin Ma'mar At Taimi dengan mahar sejuta dirham

    'Aisyah bintu Thalhah. Dia meriwayatkan hadits dari bibinya, 'Aisyah Ummul Mukminin radhiyallahu 'anha. Tahun 110 H, 'Aisyah bintu Talhah wafat di Madinah.

    'Aisyah bintu Thalhah. Semoga Allah meridhainya...

    Thursday, 7 June 2012

    kesalahan dalam shalat part 3, rek

    Bismillaah
    Kesalahan dalam shalat nomer 3 adalah shalat dan auratnya terbuka

    Shalat dan auratnya terbuka ini dirinci ya
    1. Bila ia sengaja/membiarkannya , shalatnya batal, baik sedikit yang terbuka/tersingkap ataupun banyak, lama waktunya sebentar ataupun lama
    2. Bila ia tidak sengaja dan yang terbuka cuman sedikit, maka shalatnya tidak batal
    3. Bila ia tidak sengaja dan yang terbuka banyak namun cuma sebentar (seperti sarungnya tersingkap oleh angin yang kencang) tapi segera ia tutupi/perbaiki maka pendapat yang shahih adalah shalatnya tidak batal
    4. Bila ia tidak sengaja dan yang terbuka banyak, waktunya pun lama karena ia tidak tahu ada auratnya yang terbuka terkecuali di akhir shalatnya ya shalatnya tidak sah dan kudu diulangin
    Semoga shalat kita selama ini diterima Allah, Rabb semesta alam
    baarakallhufiik

      Wednesday, 6 June 2012

      tata cara wudhu part 2, rek

      Bismillaah
      Kali ini aku bahas tentang sunnah sebelum wudhu' nih.

      Apakah sunnah" sebelum wudhu'?
      1. Memakai siwak (Siwak di sini maknanya dua. Bisa alat, yaitu kayu siwak sebagaimana yang tumbuh di jazirah Arab. Bisa juga bermakna pekerjaan, yaitu memakai sikat gigi dengan odol, misalnya)
      2. Niat untuk Allah (ingat ya, tempatnya di dalam hati. Tidak dilafalkan, menurut pendapat imam yang empat)
      3. Membaca bismillahi
      4. Menyuci tangan di luar 3x
      5. Menyela" jari
      6. Berkumur" dengan cara digabung antara mulut dan hidung juga sebanyak 3x, minimalnya 1x
      Demikian tentang sunnah wudhu' menurut pembahasan guru kami, Ustadz Dzulqarnain As Sunusi
      Baarakallahufiikum

      Tuesday, 5 June 2012

      umar bin al khattab part 2, rek

      Bismillaah
      Masih lanjut bahas tentang kisah Umar bin Al Khattab, Al Faruq

      Riwayat dari Ibnu ‘Asakir telah meriwayatkan dari Ali, dia berkata, ”Aku tidak mengetahui seorangpun yang hijrah dengan sembunyi" kecuali Umar bin Al-Khaththab melakukan dengan terang"an”. Dimana Umar seraya menyandang pedang dan busur anak panahnya di pundak lalu dia mendatangi Ka’bah dimana kaum Quraisy sedang berada di halamannya, lalu ia melakukan thawaf sebanyak 7 kali dan mengerjakan shalat 2 rakaat di maqam Ibrahim.

      Kemudian ia mendatangi perkumpulan mereka satu persatu dan berkata, ”Barang siapa orang yang ibunya merelakan kematiannya, anaknya menjadi yatim dan istrinya menjadi janda, maka temuilah aku di belakang lembah itu”. Kesaksian tersebut menunjukan keberanian Umar bin Khaththab Radhiyallahu ’anhu.

      Pada hari Rabu bulan Dzulhijjah tahun 23 H ia wafat. Ia ditikam ketika sedang melakukan Shalat Subuh. Beliau ditikam oleh seorang Majusi yang bernama Abu Lu’lu'ah, budak milik Al-Mughirah bin Syu’bah. Diduga ia mendapat perintah dari kalangan Majusi. Umar dimakamkan di samping Nabi dan Abu Bakar Ash Shiddiq, beliau wafat dalam usia 63 tahun.

      Umar bin Al Khatthan, semoga Allah meridhoi beliau
      baarakallahufiik

      Monday, 4 June 2012

      tentang onani part 1, rek

      Bismillaah
      Lho jangan salah. Permasalahan onani itu telah dibahas oleh para ulama. Well, tahukah kamu apa itu onani? Onani itu upaya untuk mengeluarkan mani dengan tangan atau yang lainnya

      Mengenai hukumnya harus dirinci:
      1. Onani yang dilakukan dengan bantuan tangan/anggota tubuh lainnya dari istri atau budak wanita yang dimiliki (begitu pula sebaliknya. Suami atau budak laki") ini dihukumi halal karena termasuk dalam keumumam bersenang-senang dengan istri atau budak wanita yang dimiliki.
      2. Onani yang dilakukan dengan tangan sendiri atau semacamnya. Jenis ini hukumnya haram, baik bagi pria atau wanita. Selain haram, onani jenis ini bertentangan dengan kemuliaan dan keutamaan. Ini adalah pendapat mayoritas ulama.
      Onani yang kedua itu juga termasuk dalam keumumam mencari kenikmatan syahwat di luar kenikmatan suami/istri atau budak wanita/laki". Jumhur ulama mengharamkan onani secara mutlak dan tidak memberi toleransi untuk melakukannya dengan alasan apapun. Apabila belum menikah dan tidak mampu bersabar untuk menahan syahwatnya, Islam sudah mengajarkan bagi seseorang tersebut untuk berpuasa. Itulah yang terbaik untuknya.

      Semoga Allah membimbing para pemuda dan pemudi jaman sekaran untuk selalu menjauhkan mereka dari hal" yang haram,
      Baarakallahufiikum

      Sunday, 3 June 2012

      quote #10, rek

      Aku tidak pernah berdusta saat aku mengetahui bahwa kedustaan merugikan pelakunya.
      -Umar bin Abdul Aziz rahimahullah-

      Saturday, 2 June 2012

      quote #9, rek

      Sederhana dalam As Sunnah lebih baik daripada bersungguh-sungguh di dalam bid'ah.
      -Abdullah bin Mas'ud radhiyallahu 'anhu-

      Friday, 1 June 2012

      sapa duluan yang mulai, rek

      Bismillaah.
      Saat memakai henpon, kadang saya suka bingung sapa yang pertama kali harus memulai salam?

      Apakah saya, penerima telepon, ataukah dia, yang menelepon?

      Menurut salah seorang 'ulama, yang memulai salam hendaknya si penelepon, karena dia seperti orang yang mengetuk pintu rumah orang lain dan meminta izin untuk masuk. Jadi ya, dia harus memulai pembicaraannya dengan ucapan: "Assalamu'alaikum", "Assalamualaikum warahmatullah", atau "Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh"

      Yang ditelepon pun hendaknya menjawab ucapan salam tersebut.

      Demikian insyaAllah salah satu adab dalam menggunakan henpon.

      Sungguh hanya Allah-lah Dzat Yang Maha Memberi taufik dan hidayah.
      Baarakallahufiik